Wisata  

Penangkaran Kupu-kupu Ke Maros Diprotes, Bangunan Beton Bisa Ganggu Pertumbuhan



Jakarta

Penangkaran kupu-kupu Ke Taman Wisata Alam Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel) Diprotes gegara bangunan beton. Balai Taman Nasional (TN) Bantimurung Bulusaraung (Babul) mengartikan sentilan itu merujuk kepada jumlah Pertumbuhan kupu-kupu Ke sana.

Tidak tanggung-tanggung, kritikan itu berasal Di Ri Joko Widodo. Dia menyampaikan penilaian itu Di Pertemuan Kerja Nasional XVI Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) 2024 Ke JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (10/7). Lokasi penangkaran itu dinilai tidak ramah Untuk habitat kupu-kupu.

“Tolong pembangunannya yang benar gitu, sentuhannya yang benar. Jangan sampai barangnya bagus, justru disentuh Didalam semen-semen, tembok-tembok, bukan itu,” kata Jokowi waktu itu.


Menurut Jokowi, kawasan wisata tersebut seharusnya dibuat senatural Mungkin Saja. Penangkaran kupu-kupu baiknya dikelilingi Didalam pepohonan dan dibuat semirip Mungkin Saja Didalam habitat asli kupu-kupu.

Pantauan detikSulsel Ke lokasi, Selasa (16/7/2024), gerbang utama masuk kawasan wisata tersebut memang dibangun jalan berbeton Untuk pengunjung. Sebelumnya masuk pintu loket, terdapat tempat penangkaran kupu-kupu yang dikelola BN Babul.

Tempat penangkaran itu tampak berdiri bangunan gedung yang dijaga petugas. Ke Di lokasi terdapat tumbuhan yang menjadi pakan kupu-kupu. Sejumlah kupu-kupu juga tampak beterbangan Ke lokasi.

Sambil Itu Ke Di kawasan Taman Wisata Alam Bantimurung, juga berdiri museum kupu-kupu yang dikelola Pemkab Maros. Tetapi, museum tersebut tampak tertutup Pertemuan Didalam pintunya yang dipenuhi debu.

Ke Taman Wisata Alam Bantimurung juga terdapat sejumlah pedagang yang menjajakan souvenir berupa pigura kupu-kupu. Kawasan tersebut ramai pengunjung Lantaran terdapat air terjun dan tempat permandian Untuk wisatawan.

“Sebenarnya yang disampaikan Ri, pengelolaan penangkaran kupu-kupu yang mana lebih banyak menggunakan beton itu yang menyebabkan, Mungkin Saja, kupu-kupu berkurang,” kata Kepala Balai TN Babul, Heri Wibowo seperti dikutip Di detikSulsel, Kamis (18/7).

Heri beranggapan sorotan Jokowi tidak menyoroti langsung lokasi penangkaran kupu-kupu. Pasalnya, bangunan beton sebagaimana yang disoroti Jokowi cuma didominasi Ke jalan masuk Ke air terjun Ke Taman Wisata Alam Bantimurung.

“Kalau berkaca Ke pembangunan beton, Mungkin Saja yang dimaksud jalan Ke air terjun. Kalau menurut saya, itu memang sampai sekarang penuh beton. Semua tidak tersisa tanah sebagai penyerapan tidak keliatan,” kata dia.

Kupu-kupu Ke Bantimurung (Moehammad Bakrie/detikTravel)

Kendati begitu, kritikan Jokowi Yang Terkait Didalam penangkaran kupu-kupu tetap harus ditindaklanjuti. Dia juga mendukung Pemkab Maros menggunakan bahan ramah lingkungan Untuk kawasan wisata tersebut.

“Apa yang disampaikan Ri Untuk kita merupakan Untuk memperbaiki diri menjadikan Bantimurung seperti yang diharapkan,” kata Heri.

“Harapannya Pertumbuhan kupu-kupu melimpah Setelahnya Itu bisa ditemukan Didalam mudah dan gampang ditemukan. Justru kami senang kalau Pemda lebih banyak menggunakan bahan ramah lingkungan,” kata dia lagi.

Heri menambahkan Pertumbuhan kupu-kupu memang dipengaruhi Didalam habitatnya. Jika lokasinya bisa menyesuaikan Didalam habitat aslinya, maka populasinya Berpotensi Untuk bertambah.

“Sebenarnya kupu-kupu itu dinamis kalau media atau habitatnya ada, pasti datang. Didalam Sebab Itu perbanyak media, pasir, Konsumsi itu saja,” imbuh Heri.

Ke Di Yang Sama, Koordinator Penangkaran Kupu-kupu Bantimurung, Suci Handayani mengaku mengembalikan Pertumbuhan kupu-kupu tidak mudah. Situasi ini turut dipengaruhi iklim dan ketersediaan pakan.

“Terutama ketersediaan pakan, kalau Mungkin Saja dulu Ke Bantimurung ini tersedia melimpah. Sekarang Mungkin Saja agak berkurang apalagi Mungkin Saja Didalam ada pembangunan-pembangunan,” kata Suci.

Suci menyebut secara rutin melakukan monitoring Untuk memastikan pakan Untuk kupu-kupu tetap tersedia. Dia juga menegaskan perlunya Dukungan soal lokasi yang menjadi habitat kupu-kupu.

“Kami monitoring Pertumbuhan kupu-kupu ini apakah ketersediaan pakan apakah masih melimpah. Monitoring Ke site Bantimurung, Pattunuang, dan Amarae,” kata dia.

Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung memang merupakan habitat beragam kupu-kupu. Malahan, sampai dijuluki The Kingdom of Butterfly (Kerajaan Kupu-kupu) dan The Spectacular Tower Karst (Menara Karst Spektakuler). Itu Lantaran hingga akhir tahun 2016 telah teridentifikasi 240 jenis Papilionoidea (kupu-kupu ekor layang-layang).

Jenis-jenis Papilionoidea yang ada Ke Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung terklasifikasi Di lima famili, yaitu 111 jenis Nymphalidae, 25 jenis Papilionidae, 28 jenis Pieridae, 74 jenis Lycanidae dan 2 jenis Riodinidae. Kekayaan jenis kupu-kupu inilah yang menjadi salah satu alasan penetapan kawasan Bantimurung-Bulusaraung sebagai taman nasional.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Penangkaran Kupu-kupu Ke Maros Diprotes, Bangunan Beton Bisa Ganggu Pertumbuhan