Wisata  

7 Wisata Rengasdengklok: Tempat Bersejarah hingga Waterpark


Jakarta

Lokasi Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, terkenal Di sejarahnya yang berkaitan Di kemerdekaan Indonesia. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri Untuk Kelompok yang ingin napak tilas sejarah Indonesia.

Buat detikers yang ingin Ke Rengasdengklok, kalian tidak hanya bisa berwisata Ke tempat-tempat bersejarah. Tetapi ada tempat wisata lain yang bisa dikunjungi, seperti taman dan waterpark.

Rekomendasi Wisata Rengasdengklok dan Sekitarnya

Berikut ini 7 rekomendasi wisata Rengasdengklok dan sekitarnya yang bisa detikers kunjungi:


1. Tempattinggal Djiaw Kie Siong

Rengasdengklok terkenal Di peristiwa penculikan Sukarno-Hatta Di 16 Agustus 1945. Mereka dibawa para pemuda Ke Tempattinggal Djiaw Kie Siong, seorang warga keturunan Tionghoa.

Ke Tempattinggal ini, Sukarno-Hatta didesak Untuk segera memproklamasikan kemerdekaan tanpa harus menunggu Jepang menyerahkan kemerdekaan. Traveler bisa mendengarkan kisah-kisah tersebut Di keluarga pemilik Tempattinggal ini.

Tempattinggal Djiaw Kie Siong dibangun Di 1920. Tetapi Lantaran terjadi abrasi Lantaran Genangan Air, Tempattinggal tersebut dipindahkan Di lokasi semula Di 1957.

“Dulu Tempattinggal ini ada Ke Didekat sungai. Tapi tahun 1950 itu ada Genangan Air, Lantaran abrasi, Tempattinggal dipindah, dicopot satu per satu kayunya dan dibangun ulang Ke sini,” kata Yanto, selaku cucu Djiaw Kie Siong, yang dikutip Di detikJabar, Senin (22/1/2024).

Lokasi Tempattinggal ini berada Ke pusat Kecamatan Rengasdengklok, tepatnya Ke Jalan Bung Karno, Dusun Bojong, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

2. Monumen Kebulatan Tekad

Tugu Kebulatan Tekad Rengasdengklok. Foto: Irvan Maulana/detikJabar

Wisata sejarah lainnya adalah Monumen Kebulatan Tekad yang tak jauh Di Tempattinggal Djiaw Kie Siong. Jaraknya hanya Di 300 meter. Tempat ini adalah bekas markas tentara PETA (Pelindung Tanah Air).

Monumen ini didirikan Sesudah kemerdekaan, yakni diresmikan Di 17 Agustus 1950. Bentuk monumen ini Memiliki arti simbolik, yaitu:

  • Tundangan tugu: simbol perjuangan seluruh Kelompok Indonesia Untuk mencapai kemerdekaan
  • Badan tugu: bentuk segi empatnya menyimbolkan kesatuan perjuangan bangsa.
  • Bulatan tugu: bentuk bulatnya menyimbolkan kebulatan tekad Untuk merebut kemerdekaan.
  • Kepalan tangan kiri: melambangkan perlawanan dan memegang teguh kemerdekaan.
  • Rantai dan tiang: berfungsi menjaga monumen, sekaligus simbol ikatan kokoh dan kuat Di seluruh rakyat Indonesia.

3. Taman Hud-hud

Wisata Taman Hud-hud KarawangWisata Taman Hud-hud Karawang Foto: Irvan Maulana/detikJabar

Selain napak tilas sejarah kemerdekaan, traveler juga bisa bersantai sejenak Ke Taman Hud-hud. Dikutip Di detikJabar, tempat wisata ini Memiliki fasilitas Ke antaranya kolam renang anak, outdoor dan semi indoor, perosotan, naik kuda, ATV, kolam ikan, danau kecil, dan taman burung.

Penamaan Taman Hud-hud ini terinspirasi Di kisah Nabi Sulaiman. Untuk kisah itu, burung Hud-hud adalah pembawa kabar.

“Kala itu ada seekor burung yang mengabarkan adanya seorang ratu cantik bernama Balqis penyembah matahari, pembawa kabar itu ialah burung Hud-hud,” kata pemilik Taman Hud-hud, Iqbal Jamalulail, dikutip Di detikJabar, Senin (22/1/2024).

Diharapkan agar taman ini selalu membawa kabar baik dan membahagiakan Kelompok. Taman yang Memiliki luas Di 1,2 hektare ini berada Ke Jalan Proklamasi, Desa Amansari, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang.

Taman Hud-hud buka setiap Selasa-Minggu pukul 08.30-17.00 (khusus Jumat pukul 13.00-17.00 WIB). Harga tiketnya yakni Rp 30 ribu (weekday) dan Rp 50 ribu (weekend).

4. Waterboom Elmujira

Ke Rengasdengklok, traveler juga bisa mengajak anak-anak bermain Ke Waterboom Elmujira yang tak jauh Di Taman Hud-hud. Seperti waterboom lainnya, Ke sini terdapat sejumlah wahana Memikat, seperti beberapa jenis perosotan, kolam beraneka kedalaman, dan ember tumpah.

Waterboom ini berada Ke Jalan Raya Rengasdengklok, Desa Amansari, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang. Tempat ini buka setiap hari pukul 09.00-20.30 WIB. Harga tiketnya Rp 30 ribu per orang.

5. Kompleks Percandian Batujaya

Candi Blandongan dan Jiwa di Kawasan Percandian Batujaya Karawang masih terendam banjir akibat intensitas hujan tinggi dan adanya luapan air irigasi Desa Segaran.Candi Blandongan dan Jiwa Ke Kawasan Percandian Batujaya Karawang. Foto: Yuda Febrian Silitonga

Ke Di Rengasdengklok juga ada sejumlah tempat wisata yang bisa detikers kunjungi. Salah satunya Kompleks Percandian Batujaya.

Dikutip Di situs Kemdikbud, Kompleks Percandian Batujaya ini disebut sebagai candi tertua Ke Nusantara. Kompleks percandian ini dibangun Di zaman Kerajaan Tarumanagara yang bercorak Hindu.

Uniknya, candi-candi tersebut merupakan candi Buddha. Hal ini Menunjukkan tingginya toleransi antar umat beragama Di masa itu. Terdapat 39 lokasi percandian Ke kompleks tersebut.

Letaknya berada Ke Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang, Jabar. Di Kecamatan Rengasdengklok, jaraknya Di 18 km atau ditempuh Di 30 menit.

6. Kawung Tilu Bojong

Jika mencari wisata alam Ke Di Rengasdengklok, detikers bisa mampir Ke Kawung Tilu Bojong yang berada Ke selatan Rengasdengklok. Taman ini cukup hits Lantaran penataan yang instagramable.

Dikutip Di situs Kemenparekraf, Kawung Tilu Bojong Rangkas Wisata ini dibangun Ke atas lahan seluas Di 15 hektare. Selain menyajikan panorama alam pepohonan jati yang rindang, taman ini juga Memiliki penangkaran hewan, aneka wahana, dan taman bermain anak.

Beberapa fasilitasnya Antara lain penangkaran rusa, penangkaran domba Garut, wahana kicau burung, naik ATV, dan taman bermain anak.

Kawung Tilu Bojong Rangkas terletak Ke Ciranggon, Desa Cipayung, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi. Di Rengasdengklok, jaraknya Di 20 km atau ditempuh Di 40 menit.

7. Waterpark Megasari

Terakhir ada Waterpark Megasari yang juga berada Ke Kabupaten Bekasi. Waterpark ini khas Di ornamen-ornamen berbentuk binatang raksasa, seperti dinosaurus, jerapah, hingga kupu-kupu.

Terdapat beberapa kolam Untuk anak dan dewasa, kolam busa, kolam arus, dan mini zoo. Wahananya Antara lain ember tumpah, beberapa jenis seluncuran. Traveler juga bisa berfoto-foto Di nuansa Korea dan Jepang.

Waterpark Megasari berlokasi Ke Desa Sumbersari Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi. Di Rengasdengklok, jaraknya cuma 3 km, atau Di 10 menit perjalanan. Harga tiket masuk Rp 35 ribu Pada weekday dan Rp 45 ribu Pada weekend dan liburan.

Nah, itulah tadi 7 rekomendasi wisata Rengasdengklok dan sekitarnya. Tidak cuma wisata sejarah, tetapi ada juga wisata alam dan waterpark.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 7 Wisata Rengasdengklok: Tempat Bersejarah hingga Waterpark