Wisata  

Taman Benyamin Sueb, Tinggalan Cornelis Senen, Diresmikan Anis Baswedan



Jakarta

Nama dan pamor seniman asli Betawi Benyamin Sueb atau Bang Ben tak perlu diragukan lagi. Bagi mengenang kiprah dan pengaruhnya dibuatlah Taman Benyamin Sueb yang terletak Ke Jatinegara, Jakarta Timur.

Taman Benyamin Sueb itu diresmikan Ke 2018 Dari Gubernur DKI Jakarta Di itu, Anies Baswedan. Tujuan utama Di adanya taman ini tentunya bentuk apresiasi kepada Benyamin Sueb dan juga sebagai pusat pelestarian Karyaseni dan kebudayaan, wabil khusus Kearifan Lokal Global Betawi.

Bangunan Taman Benyamin Sueb ini dulunya merupakan bangunan peninggalan milik Meester Cornelis van Senen Di tahun 1625 hingga 1661. Di Daendels menjabat sebagai Gubernur Jenderal Hindia-Belanda bekas kediaman Meester Cornelis itu didirikan tiga bangunan utama yang masih kokoh hingga Di ini.


“Awal mula bangunan ini adalah lahan seluas 6.500 meter persegi milik Meester Cornelis Senen dia seorang penginjil yang taat hingga dia dipercaya Dari Pemerintah Belanda Bagi Menyusun Area sini Ke tahun 1625 kurang lebih. Sesudah itu Cornelis meninggal, Di 200 tahun Lalu datang Daendels dan bangunan ini dibangun Di 1811,” kata pengelola Gedung Taman Benyamin Sueb, Sri Heni Setiawati, kepada detikTravel, Selasa (16/7/2024).

“Lalu dibangun ada tiga gedung yang pertama ini gedung Di yang biasa kita sebut gedung A, Lalu gedung B Bagi sekretariat PNS, Lalu gedung C dimanfaatkan Bagi kantin Di ini. Dulu tempat ini digunakan Bagi villa, tempat tinggal, Bagi transit pedagang-pedagang Ke zaman Daendels,” kata Sri Di kami berbincang Ke Gedung A.

Di pendudukan Jepang, bangunan itu digunakan Dari tentara Jepang, mulai Di 1942-1950. Lalu, nama kawasan yang asalnya beranama Meester Cornelis itu diganti menjadi Jatinegara Sebab Disorot terlalu kental Didalam unsur Belanda.

“Bangunan ini dulu (era Jepang) dipakai sebagai markas tentara Jepang,” kata Heni.

Taman Benyamin Sueb terletak Ke Jatinegara, Jakarta Timur. Taman ini Bagi mengenang kiprah dan pengaruhnya Benyamin Sueb Pada berkesenian. (Muhammad Lugas Pribady/detikcom)

Dilanjut tahun 1950-an bangunan itu menjadi markas Komando Militer Kota Jatinegara atau Komando Militer Kota Jakarta Raya 0505 Jatinegara. Dan berjalannya waktu, lanjut Heni bangunan Mantan Kodim 0505 ini Ke tahun 2018 menjadi Taman Benyamin Sueb.

Kini kawasan Taman Benyamin Sueb bisa dikunjungi Dari Komunitas Bagi mengenang jejak sang legenda Betawi tersebut. Seperti yang disebut Ke awal tadi, inisiasi adanya Gedung Taman Benyamin Sueb ini sebagai wadah pelestarian Karyaseni dan Kearifan Lokal Global Betawi serta Kearifan Lokal Global Area lainnya.

“Dari Sebab Itu ini adalah keinginan pemerintah Memberi apresiasi kepada Benyamin ya, beliau adalah seniman multitalenta yang dia bisa berkesenian apa saja, dia Mengharapkan wadah atau tempat Pembaruan dan pelestarian Karyaseni Kearifan Lokal Global. Maka, dibuatlah Ke sini Dari Sebab Itu (Benyamin) ingin punya wadah Bagi pelestarian Kearifan Lokal Global, tidak hanya Betawi saja Dari Sebab Itu Kearifan Lokal Global Di mana saja,” katanya.

Ke kawasan ini juga terdapat museum yang menampilkan beberapa Pengakuan yang diraih Dari Bang Ben dan juga beberapa peninggalan beliau seperti rilisan Alunan hingga wardrobe yang pernah ia kenakan dulu kala. Lalu bangunan lainnya Ke area Taman Benyamin Sueb ini juga kerap dipakai Bagi Laga Persahabatan Dari berbagai sanggar Ke Jakarta.

Taman Benyamin Sueb terletak di Jatinegara, Jakarta Timur. Taman ini untuk mengenang kiprah dan pengaruhnya Benyamin Sueb selama berkesenian.Taman Benyamin Sueb terletak Ke Jatinegara, Jakarta Timur. Taman ini Bagi mengenang kiprah dan pengaruhnya Benyamin Sueb Pada berkesenian. (Muhammad Lugas Pribady/detikcom)

Di detikTravel berkunjung Di Taman Benyamin Sueb ini terdapat sanggar tari yang Di berlatih. Walaupun namanya taman tapi tak seperti taman-taman lainnya yang terdapat permainan Bagi anak atau arena Liburan, melainkan taman yang dimaksud Ke sini sebagai wadah Bagi pelestarian Karyaseni dan Kearifan Lokal Global.

Komunitas yang ingin berkunjung Di museum Ke Taman Benyamin Sueb ini bisa Didalam mudah menikmatinya tanpa dipungut biaya. Terletak tak jauh Di Stasiun Jatinegara Ke Jalan Jatinegara Timur Nomor 76, Jatinegara, Jakarta Timur dan buka mulai Di hari Selasa hingga Minggu sedari pukul 09.00 sampai 15.00 WIB, tutup Ke hari Senin serta libur keagamaan.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Taman Benyamin Sueb, Tinggalan Cornelis Senen, Diresmikan Anis Baswedan